MICROSOFT EXCEL
Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet (Lembar Kerja Elektronik). Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.Berikut saya akan menampilkan dasar - dasar dari Microsoft Excel pada umumnya.

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
Berikut adalah cara yang dilakukan untuk masuk ke Program Microsoft Excel- Cara Pertama, Buka Microsoft Excel. Start > All Programs > Microsoft Office > Mc Excel.
- CaraKedua, Nyalakan Komputer terlebih dahulu >> Double Click icon Microsoft Excel (Pada Desktop Komputer Anda).
- Cara Ketiga, Nyalakan Komputer terlebih dahulu >> Tekan Kombinasi tombol pada keyboard, yaitu tombol Windows (bendera di pojok kiri bawah) dan tombol R secara bersamaan (Windows+R) >> keluar kotak kecil di pojok kiri bawah >> ketik Excel >> lalu Tekan Enter
Maka akan Keluar tampilan berikut ini :
Penjelasan
Title
Bar
|
Menampilkan
judul atau nama dari dokumen Microsoft
Excel yang
kita buat.
|
Quick
Access Toolbar
|
Terdiri dari tombol yang
digunakan untuk mempercepat kerja, menu standartnya terdiri dari: Safe,Undo,Redo,dll atau kita juga bisa menyetting dengan menekan panah
kecil bawah.
|
Tab Sistem Menu
|
Sistem menu (menu system) merupakan
sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara
pemakai dengannya,
meliputi : File, Insert, Page Layout,dll
|
Ribbon
|
Merupakan
area yang menampilkan tab yang aktif yang didalamnya terdiri dari grup-grup.
|
Penggulung Sheet
|
Untuk melihat worksheet yang
tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet.
Ada 2 macam penggulung sheet, yaitu penggulung vertikal (vertical
scroll bar) untuk melihatsheet yang panjang ke bawah, dan
penggulung horisontal (horizontal scroll bar) untuk menampilkan data
yang melebar ke samping.
|
Baris Formula
|
Menampilkan informasi berupa data atau rumus pada
cell yang aktif atau bisa juga untuk mengedit rumus atau data.
|
Grup
|
Terdiri
dari icon - icon yang memiliki fungsi masing - masing.
|
Nomor Baris
|
Nomor baris (row number) dimulai
dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.
|
Status Bar
|
Menampilkan informasi dengan
menekan tombol klik kanan pada bar status tersebut, status bar yang biasanya
muncul meliputi: View (mengatur tampilan halaman kerja) dan Zoom
(memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet)
|
Tab Sheet
|
Standarnya (default), Microsoft
Excel menyediakan 3 sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar
kerja), sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku
kerja).
|
Sel Pointer
|
Penunjuk sel (sel pointer)
digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan
dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan
dll.
|
Referensi
|
http://belajarexcelmudah.blogspot.co.id/2014/08/belajar-microsoft-excel-pemula-mahir.html
|
0 komentar:
Posting Komentar